Mungkin Anda sering bertanya-tanya, kenapa sih followers Instagram selalu stuck di angka segitu-gitu aja?

Padahal sudah lama bermain Instagram. Sudah mencoba berbagai cara untuk bisa meningkatkan followers tapi sama sekali tidak berpengaruh. Itulah yang dirasakan oleh para pelaku online shop.
Memikirkan cara untuk meningkatkan followers agar penjualannya pun ikut meningkat. Jumlah followers memang tidak permanen, pastinya akan mengalami kenaikan dan penurunan. Bahkan penurunan secara drastis pun bisa terjadi. Dan hal itu pasti membuat Anda sebel. Anda pun tidak bisa menyalahkan siapapun. Eitss, tapi tenang saja!

Tak perlu panik atau khawatir, jika Anda sedang membaca artikel ini, Anda sangat beruntung.
Kenapa?

Karena banyak cara-cara praktis untuk meningkatkan followers di Instagram yang 100% berhasil untuk bisnis Anda. Lantas, apa saja cara-caranya?

 

Follow Beberapa Followers Dari Akun Kompetitor

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti beberapa followers dari akun-akun kompetitor Anda. Karena biasanya followers yang berada di akun yang sama, maka para pengikutnya tidak jauh berbeda.

Misalnya, Anda menjual cemilan keripik, maka Anda bisa “follow” beberapa followers yang Anda di akun penjual cemilan keripik lainnya. Dan jika mereka tertarik, mereka pun akan mengikuti Anda.
Walaupun awalnya jumlah followers Anda akan lebih banyak dibandingkan jumlah following, namun Anda bisa unfollow mereka setelah beberapa hari kemudian. Nah, dengan cara ini dijamin followers Anda bisa meningkat. 

Perbanyak Konten

Perbanyak konten bukan berarti Anda harus spam. Namun Anda juga perlu tau jadwal yang tepat untuk memposting dan yang pasti harus selalu konsisten. Karena efek baik dari itu semua itu jumlah followers Anda bisa meningkat. Apalagi jika konten yang Anda buat sangat menarik. Lantas, gimana cara membuat konten yang menarik? Nah, inilah beberapa tips untuk membuat konten yang menarik, diantaranya:

1. Konten Yang Tertarget

Membuat konten yang tertarget dapat membantu bisnis Anda. Konten tersebut tidak akan membuat followers Anda bosan. Selain itu, konten yang berbeda-beda bisa membantu Anda mencapai objektif yang berbeda-beda. Misalnya, akun Instagram sebuah komunitas pengusaha muda, konten yang dipilih bisa berupa cerita para followers komunitas tersebut, atau cerita personal tentang si pemilik brand.

2. Konten Yang Menyentuh

Konten yang menyentuh emosi tentu saja dapat menggunggah perasaan para followers Anda. Hal tersebut dapat membuat mereka merespon konten yang Anda buat. Memang, mengukur konten yang menyentuh hati ini agak sulit. 

Kenapa?
Karena biasanya konten-konten yang menyentuh hati yaitu berupa curhatan, cinta, jodoh dan tentang orang tua. Keempat jenis konten ini selalu sukses meraup like dan komentar dari para followers khususnya di generasi milenial seperti sekarang ini.


3. Konten Yang Kontroversial

Ada kalanya Anda perlu memancing emosi followers untuk berinteraksi di akun Anda. Salah satunya adalah, dengan menggunakan konten yang kontroversial.  Konten kontroversial ini bukanlah konten yang salah lalu dibenarkan. Kontroversial disini, adalah konten yang sejatinya sedikit berlawanan dengan ekspetasi followers Anda dan memancing mereka untuk berkomentar.


4. Konten Yang Sedang Trend


Konten yang sedang banyak dibicarakan mampu mendongkrak engagement Anda dan juga followers Anda. Salah satu cara untuk mendapatkan konten yang sedang trend adalah dengan menggunakan fitur search di Instagram. Dengan fitur ini, Instagram secara otomatis akan menampilkan konten yang sedang trend dan relevan dengan akun Anda. Bisa juga dengan menemukan konten-konten trend lainnya lewat sosial media lainnya. Konten yang sedang trend ini akan cepat menyebar terlebih bagi followers yang benar-benar tidak tau akan info tersebut.


5. Konten Yang Original


Buatlah konten yang memang mencirikan akun Anda agar mudah diingat oleh followers. Biasanya konten tersebut akan dirindukan oleh followers Anda. Jadi, mulai saat ini buatlah konten yang unik.


Membuat Caption Yang Menarik
Mungkin hal ini selalu Anda anggap sepele, namun caption yang menarik adalah salah satu cara membuat followers baru tertarik dengan Anda. Luangkanlah waktu untuk fokus dalam membuat caption. Anda bisa membuatnya dalam bentuk cerita, kalimat-kalimat nyeleneh, atau kalimat-kalimat yang mengajak followers Anda untuk merespon. Biasanya hal ini disesuaikan dengan isi konten yang Anda buat. 

Contohnya seperti ini:
Dan jangan lupa untuk memberikan CTA (Call To Action) di akhir tulisan Anda, seperti, “like dan tag sahabat kamu ya.”Cara ini ampuh dalam meningkatkan engagement dan juga followers Anda.


Berinteraksi Dengan Followers Anda

Libatkanlah followers Anda dalam meningkatkan jumlah  followers Anda.
Caranya?

Tentu saja berinteraksi dengan mereka. Siapa sih yang tidak senang kalau tanggapan mereka direspon dengan baik oleh Anda? 
Sama halnya ketika Anda memberi komentar di akun artis favorite Anda, eh ternyata direspon dengan baik.

Apa yang Anda rasakan?
Mungkin Anda sudah loncat-loncat sambil tersenyum lebar.
Nah, maka dari itu, buatlah followers Anda merasa di “anggap.”


Berinteraksi Di Akun Lain

Selain berinteraksi di akun Anda sendiri, Anda juga perlu berinteraksi di akun lain. Seperti memberi like atau merespon dengan komentar yang baik. Sebagai contoh, “Wow bagus sekali pemandangannya (emoji).” Nah, komentar Anda ini akan dilihat oleh followers akun tersebut atau bahkan akun itu sendiri. Dan, lagi, lagi, jika mereka tertarik, tentu saja mereka akan mengikuti akun Anda.

 

Gunakan Hashtag

Apakah cara ini berpengaruh?
Tentu saja iya. Karena banyak para pengguna Instagram menggunakan hashtag untuk menjangkau pengguna yang lebih luas dan menemukan konten yang mereka sukai.

Misalnya, Anda menggunakan hashtag “#bisnisanakmuda” maka nantinya postingan Anda tersebut akan muncul di timeline hashtag.

 

Tag Ke Akun Terkenal

Tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Mention atau tag ke akun terkenal berpeluang untuk mendapatkan banyak followers.

Misalnya, ketika Anda sedang mengikuti seminar bisnis, lalu Anda mempostingnya, setelah itu Anda tag ke akun bisnis terkenal, maka postingan Anda akan dilihat oleh banyak orang. Nah, kalau banyak dilihat orang, dan ternyata mereka penasaran, kemungkinan mereka akan follow akun Anda. 

Gunakan Stories Untuk Menyebarkan Postingan Baru Anda

Jika selama ini Anda menggunakan Stories hanya untuk sekedar berbagi cerita, tapi hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menyebarkan postingan baru Anda.

Lantas, apa hubungan dengan cara meningkatkan followers?
Tentu saja ada hubungannya. Karena 400 juta orang menggunakan fitur ini dibandingkan feed.
Nah, secara tidak langsung Anda sudah mengarahkan followers Anda untuk melihat postingan Anda yang terbaru.Kalau followers Anda melihat postingan tersebut dan mereka menyukai, kemungkinan mereka dengan senang hati berbagi postingan tersebut ke pengguna lainnya. 

Menyebarkan Ke Platform Lain

Selain menyebarkan postingan Anda melalui Stories, Anda bisa menyebarkannya ke platform lain.
Misalnya, Facebook, LinkedIn, Blog, dan sebagainya. Cara ini berpengaruh untuk menarik followers baru dari berbagai platform yang berbeda. Jika mereka tertarik, pastinya mereka akan mengikuti Anda.

Mengadakan Giveaway

Postingan yang paling banyak direspon adalah postingan ketika Anda mengadakan giveaway. Dengan mengadakan giveaway, Anda dapat menjangkau followers yang lebih luas dan yang pasti mendapatkan followers baru. Misalnya, Anda dapat mengajak followers Anda untuk berkomentar dengan emoji favorit mereka atau menandai atau tag teman mereka untuk mengikuti giveaway. Dengan bantuan followers Anda, Anda dapat menjangkau banyak orang yang mungkin belum pernah mendengar brand Anda sebelumnya. Dan jika mereka menyukai postingan Anda, kemungkinan mereka juga akan mengikuti Anda.

Menggunakan Software/Aplikasi/Tools

Apapun jenisnya, menggunakan software, aplikasi atau tools Instagram marketing sangat membantu Anda untuk meningkatkan followers secara instant. Walaupun tidak semua software, aplikasi maupun tools bisa berfungsi dengan baik. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar dalam memilih. Semuanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ada yang harganya mahal, tapi kualitasnya standard.
Ada yang harganya murah, kualitasnya bagus, tapi cuma bertahan seminggu.
Yap, menemukan software pendukung Instagram, sama seperti nyari jodoh.
Ada yang pas, tapi orang tua ngga merestui.
Giliran orang tua suka, kitanya ngga cocok.

Tapi banyak loh keunggulan-keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan software dibandingkan cara-cara yang ada di atas, khususnya untuk bisnis Anda.Apa saja keunggulannya?
  • Hemat waktu: pastinya Anda tidak perlu memakan waktu banyak untuk mengikuti cara-cara di atas, cukup menyiapkan uang, dan dalam hitungan menit followers Anda akan meningkat.
  • Lebih praktis: selain hemat waktu, yang pastinya lebih praktis. Anda bisa mendapatkan followers dengan jumlah yang banyak dengan secara cepat. Penggunaan softwarenya pun juga tidak sulit, karena biasanya Anda akan mendapatkan tutorial untuk menggunakannya.
  • Target pasar jelas: sebagai seorang pebisnis, tentu saja Anda menginginkan followers yang banyak. Nah, salah satu keunggulan menggunakan software adalah target pasar Anda jelas. Karena followers yang Anda “beli” biasanya disesuaikan dengan target pasar yang sudah ada. Misalnya, Anda menjual produk fashion, nah biasanya followers yang Anda “beli” punya minat yang sama.
Menarik bukan pembahasannya?


Silahkan berkomentar bila ingin memberi pertanyaan atau saran
#Artikel ini direpost