Berbicara mengenai bisnis online, siapa yang tidak tertarik dengan hal yang satu ini? 
Apalagi sekarang ini sosial media seperti Facebook maupun Instagram sudah menjadi platform populer dalam transaksi jual-beli online.

Produk yang ditawarkan pun berbagai macam, mulai dari produk fashion, kecantikan hingga peralatan rumah tangga.

Namun dalam segala kemudahan di era digital ini, tentu saja ada banyak hal lain yang akan Anda temui. 

Misalnya saja, masalah strategi pemasaran ataupun kualitas produk Anda.
Dengan begitu, tidak semua orang bisa berhasil, ada juga yang mengalami banyak kegagalan. 

Beberapa orang yang gagal dalam berbisnis lebih memutuskan untuk berhenti sejenak bahkan berhenti selamanya.

Sebenarnya mereka yang gagal tersebut, dikarenakan mereka tidak tahu apa itu kunci sukses dalam membangun sebuah bisnis online

Mereka hanya melihat orang sukses melakukan sesuatu, lalu langsung mempraktekannya tanpa mempelajari terlebih dahulu.


Hal itulah yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis sering terjadi. 
Lantas, apa sih kunci sukses dalam membangun sebuah bisnis online?

1. Belajar Terus Menerus

Ingatlah, bahwa tiada hari tanpa belajar ketika Anda mulai membangun bisnis bahkan ketika bisnis Anda telah berkembang.

Ini bukan soal uang dan keuntungan semata, namun belajar terus menerus adalah hal yang diutamakan. 

Itu penting, karena dengan ilmu yang Anda miliki, maka uang pun yang akan mengejar Anda nantinya.

Anda hanya perlu membiasakan diri dengan belajar hal baru. 
Karena persaingan bisnis online semakin ketat, maka belajarlah sebanyak-banyaknya, dari mana saja dan kapan saja.

Anda bisa belajar melalui forum, komunitas, atau mengikuti seminar bisnis.
Anda bisa mencuri-curi ilmu dari orang yang terbukti berhasil di bidang ini.

Dan jangan lupa untuk mencatat apa yang telah Anda pelajari, dan pahami kembali agar semua ilmu yang Anda dapatkan tercerna dengan baik. 

 

2. Selalu Berinovasi

Pebisnis online itu dituntut untuk terus-menerus berinovasi. 
Kenapa? 

Dengan inovasi itulah Anda akan terus berkembang terhadap segala persaingan yang ada. 
Tanpa adanya inovasi, Anda akan sulit berkembang.

Anda bisa mulai dengan inovasi produk, pelayanan, strategi pemasaran dan sebagainya.

Sebagai contoh, Anda bisa mengadakan giveaway atau promo dalam strategi pemasaran Anda, jika cara ini berhasil maka Anda bisa mempertahankannya dan lakukan kembali di waktu selanjutnya.

Kalau Anda tidak pernah mencobanya, bagaimana Anda bisa tahu hasilnya? 
So, apakah Anda sudah siap untuk berubah?

 

3. Jangan Berbelit

Hindari segala hal yang berbelit-belit. Kenapa?

Karena akan menyebabkan pembeli Anda kabur. Sebelum membangun bisnis online, Anda perlu menyiapkan segala hal secara matang.

Mulai dari stok produk, platform yang Anda gunakan, pelayanan hingga metode pembayaran. Dalam segala jenis bisnis, baik itu lingkup kecil maupun lingkup besar, pasti akan berkaitan dengan pembeli Anda. 

Maka jangan terlalu fokus pada pengembangan bisnis Anda saja, sehingga melupakan pelayanan kepada para pembeli. 

Jika Anda membangun bisnis online, usahakan untuk menyediakan kontak agar pembeli Anda lebih mudah menghubungi Anda. 

Walaupun hal ini terlihat sepele, namun akan berdampak pada bisnis Anda kedepannya.

 

4. Utamakan Kualitas

Utamakan kualitas daripada kuantitas. Kenapa?
Karena kualitas itu akan menimbulkan kepercayaan kepada pembeli Anda. Namun jika mementingkan kuantitas, lalu pembeli Anda merasa tidak puas, maka kemungkinan pembeli Anda akan menyebarkan hal buruk tentang produk maupun toko online Anda kepada pembeli lain.

Nah, ngga mau kan sampai itu terjadi? Jadi, mulai sekarang perhatikan kualitas produk, pelayanan dan segala jenis yang berkaitan dengan bisnis Anda. 

 

5. Memaksimalkan Penggunaan Instagram Marketing

Seperti yang Anda tahu bahwa Instagram merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan dalam membangun bisnis online. Tapi kenapa?
  • Pertama, karena pengguna Instagram yang sudah mencapai 1 miliar di seluruh dunia.
  • Kedua, karena format dan fitur pendukungnya yang mudah digunakan.
  • Ketiga, murah meriah. Anda tidak perlu sewa tempat, bayar gaji karyawan dan sebagainya, Anda hanya perlu koneksi internet dan bisa menjalankan bisnis ini kapan saja dan dimana saja.
Selain itu, Instagram sangat mengunggulkan bentuk visual, maka dari itu Anda harus pintar-pintar dalam “memamerkan” produk Anda sendiri.

Anda bisa “memamerkan” produk Anda melalui foto biasa, video, atau Instagram Story.
Dibandingkan Twitter dan Facebook, Instagram memiliki tingkat interaksi atau engagement yang lebih tinggi dalam bisnis.

Oleh sebab itu, Instagram menjadi media pemasaran yang paling berpengaruh dalam membangun bisnis hingga mengembangkan bisnis Anda.

Di Instagram, Anda akan lebih mudah dalam membangun “brand” Anda sendiri, membangun “relationship” dengan pembeli Anda, memberikan info terupdate tentang bisnis Anda hingga menentukan target pasar yang lebih spesifik.

Menarik bukan pembahasannya?

Silahkan berkomentar bila ingin memberi pertanyaan atau saran
#Artikel ini direpost