Berikut ini Tips Bisnis via Facebook yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Memanfatkan Akun Pribadi
Akun Facebook pribadi sejatinya untuk pertemanan alias bersosial di dunia maya/media sosial, bukan untuk bisnis. Maka, lakukan promosi dan jualan online di akun pribadi sesekali saja, misalnya seminggu sekali.

Status update terbanyak tetap harus yang sifatnya sosial, bukan bisnis, seperti status informatif, inspiratif, dan jenaka. Jika Anda kebanyakan status promosi atau jualan, maka siap-siap saja kehilangan banyak teman (unfriend).

2. Membuat Fans Page
Buatlah Fans Page untuk mendukung akun pribadi. Sebagaimana akun pribadi, Fans Page pun harus dikelola dengan baik. Lagi-lagi, jangan kebanyakan promosi. Sesekali saja. Lebih banyak status yang sekiranya disukai "liker".

3. Promosi Fans Page 
Promosikan Fans Page Anda dengan invite all friends, beriklan di Facebook, dan tempel Fans Page Like Box di blog, website, atau toko online Anda.

4. Kelola Fans Page dengan Konten Menarik
Seperti di nomor 1 dan 2, kelola Facebook dengan baik. Upload foto produk/jasa sesekali saja. Jangan tiap hari! Para pakar marketing media sosial sepakat dengan satu kata ini: GIVE. Memberi!
Di akun media sosial Facebook harus lebih banyak memberi kepada fans atau teman daripada promosio.

Give apa? Yaitu hiburan, informasi, inspirasi, hadiah, kuis, dan lain-lain. Intinya, jangan kebanyakan promosi atau terlalu bernafsu jualan! Ingat, karakter Facebook sejatinya adalah media pertemanan, bukan media bisnis.


5. Cantumkan prosedur transaksi dengan jelas dan mudah.
Ini akan memudahkan bisnis Anda juga. Jangan sampai banyak yang tanya cara order, cara bayar, cara ambil barang dsb di kolom kemntar. Jika sudah dicantumkan dengan baik dan lengkap, Anda bisa fokus ke konten dan pelayanan.

6. Jangan sembarang tag.
Ini dia yang sangat sering membuat jengkel Facebooker lain. Kebanyakan Facebooker tidak suka di-tag sembarangan, apalagi tag produk. Banyak yang "remove tag" dan itu menjadi reputasi buruk bisnis online Anda di Facebook. Jadi, berlaku selektiflah dalam nge-tag teman!

7. Bukan media promosi utama.
Ini yang harus diingat. Facebook sejatinya situs pertemanan, bukan situs jualan online. Maka, jadikan Facebook hanya sebagai media pendukung, media promosi, media interaksi dengan pelanggan.
Media Bisnis Online utama Anda hendaknya sebuah blog atau situs (toko online/online store).

Facebook sebagai pendukungnya. Share produk/jasa yang ada di blog Anda ke Facebook! Itu akan tampak alami, natural, sebagaimana Anda share berita atau foto unik. Demikian tips bisnis online via Facebook. Ada etika dan beberapa hal yang harus kita perhatikan. Sukses buat bisnis Anda!

oam