6 Kebiasan Buruk Ini Bisa Membuat Anda Jadi Tidak Produktif Saat Bisnis
– Adakah di sini yang ketika ditanya teman “Eh kamu besok sibuk
nggak? Temenin aku hang out yuk.” Dan kalian menjawab “Wah, aku sih
nyantai.
Orang punya bisnis sendiri, nggak terikat waktu. Jadi kapan
saja bisa luang.” Lalu besoknya kalian melewatkan waktu seharian untuk
jalan dan bisnisnya tidak tersentuh?
Padahal, kebiasaan menggampangkan waktu seperti di atas berakibat
fatal loh. Dalam sehari, kalian bisa mengerjakan banyak hal untuk bisnis
kalian. Bukannya jadi produktif, malah boros waktu dan uang.
Tapi selain kebiasaan “NGGAMPANGIN WAKTU”, ternyata ada kebiasaan
sepele lainnya yang bisa bikin kamu tidak produktif. Padahal sebagai
entrepreneur, kita harus bisa bekerja efisien dan produktif loh.
Makanya hindari Beberapa Kebiasan Buruk Ini agar waktu Anda bisa lebih bermanfaat untuk bisnis:
- TERGESA-GESA DI PAGI HARI
Tergesa-gesa di pagi hari dapat menyebabkan kita sulit fokus untuk
kerja. Itulah kenapa pentingnya kita tidur di malam hari dengan waktu
yang cukup dan bangun lebih awal untuk menyegarkan pikiran.
- MELEWATKAN SARAPAN
Kondisi perut kosong justru menurunkan kadar konsentrasi saat
bekerja. Lebih baik sarapan secukupnya sebelum bekerja daripada harus
menahan lapar saat bekerja. Tidak sarapan juga membuat tubuh kekurangan
energy, karena asupan energi paling baik adalah saat sarapan pagi.
- MENGECEK SOCIAL MEDIA
Bermain social media memang menyenangkan. Tapi zaman sekarang banyak
orang yang mudah baperan, marah-marah, atau menebar hoax di sosmed.
Sebaiknya hindari mengecek sosmed saat bekerja, karena
postingan-postingan negatif dapat menurunkan mood saat bekerja.
Selain
itu, notifikasi sosmed juga membuat kita ketagihan untuk berlama-lama
menggunakan sosmed.
Jika kalian menggunakan sosmed untuk bisnis, pisahkan akun pribadi
dengan akun bisnis. Pastikan Anda hanya “add” orang-orang inspiratif
yang dapat membantu meningkatkan mood kerja dan memberi inspirasi, bukan
berteman dengan orang-orang yang hobby menebar berita hoax, ngeluh, dan
marah-marah di sosmed.
- MEMBAWA HP SAAT BEKERJA
Suara pesan Whatsapp, telepon masuk, sampai chat grup adalah sumber
pengganggu paling utama saat bekerja. Sekali kita meluangkan waktu untuk
menanggapi telepon dan chat yang masuk, mood untuk bekerja bisa jadi
rusak. Belum lagi chat di grup ternyata bisa bikin manusia ketagihan
untuk ngobrol ketimbang kerja.
- MULTITASKING
Tidak ada manusia yang sukses karena bisa melakukan banyak hal.
Manusia sukses karena fokus dalam satu bidang. Begitu juga dengan
pengusaha. Multitasking atau bisa mengerjakan banyak hal sekaligus hanya
akan memecah konsentrasi dan membuat pekerjaan tidak kunjung selesai.
Akibatnya hasil kerja jadi tidak maksimal lagi.
- MENYETUJUI SEMUA AGENDA PERTEMUAN
Saat Anda memutuskan menjadi pengusaha, di saat itu pulalah Anda
harus tegas akan keluar dengan siapa dan untuk apa setelahnya. Anda
tidak bisa lagi sembarangan menerima ajakan ketemuan atau keluar bareng
orang lain. Anda harus pintar-pintar memilih dengan siapa Anda keluar.
Dan Anda juga harus memastikan bahwa agenda Anda bermanfaat bagi diri
Anda.
Contoh : Jika sebelumnya setelah pulang kerja Anda masih suka bilang
“Iya” ketika diajak nongkrong di kafe, sudah saatnya Anda tegas
mengurangi agenda nongkrong dan menggantinya dengan agenda workshop,
seminar, atau kopdar (kopi darat) dengan teman-teman komunitas yang
dapat menunjang dan membangun diri Anda.
Tidak semua agenda luar bisa Anda penuhi. Pilih yang bermanfaat bagi
diri Anda dan tidak mengganggu waktu kerja Anda. Demikianlah beberapa kebiasan
buruk yang mesti Anda hindari jika And ingin lebih produktif dan waktu
bisa lebih bermanfaat untuk bisnis Anda.
0 Comments
Post a Comment