7 Ide Bisnis Untuk Para Milenial



Dengan kemajuan ini, semakin banyak kesempatan bagi Anda yang ingin memulai bisnis kecil tanpa mengeluarkan modal besar.

Terlebih untuk kaum milenial yang sudah terbiasa dengan teknologi-teknologi handal sejak masa kecilnya. Nah, berikut ini adalah ide bisnis modal kecil untuk milenial.




Social Media Shop

Ini dia ide bisnis modal kecil untuk milenial. Anda pasti sering menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, YouTube, dan sebagainya. Jika Anda adalah sosok yang internet savvy, ini adalah ide bisnis kecil yang cocok untuk Anda.
Perkembangan platform social media sangatlah pesat. Yang sebelumnya hanya sebagai media untuk bersosialisasi, sekarang social media bisa menjadi tempat berbisnis yang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Dengan menjalani bisnis social media management, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, Anda hanya memerlukan gadget Anda seperti handphone dan laptop, serta kreatifitas Anda dalam bersosial media.



 

Personal Chef
Apakah Anda punya hobi memasak? Atau memang Anda adalah salah satu orang yang punya passion di bidang kuliner?

Kalau jawaban Anda adalah iya, maka bisnis modal kecil untuk milenial ini adalah pilihan yang tepat buat Anda. Beda dengan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga, Anda biasanya akan direkrut oleh orang tertentu untuk menyiapkan hidangan spesial acara tertentu. Mulai dari acara barbecue, family gathering, acara ulang tahun, atau pun keperluan pribadi yang lain. Untuk modal, Anda bisa memberikan total budget dari bahan-bahan yang akan Anda gunakan kepada klien Anda dan mereka yang akan menyediakan uangnya nanti. Jadi, dengan usaha ini Anda hanya perlu menyediakan cooking skills Anda dan tentunya cita rasa yang tinggi terhadap makanan.









Editorial

Bisnis kecil yang satu ini adalah usaha yang bisa Anda tekuni jika Anda memiliki ketertarikan di bidang literasi, contohnya seperti menulis artikel dan membaca buku. Singkatnya, dengan membuka usaha layanan editorial, Anda bisa memberikan pelayanan yang berhubungan dengan menulis atau membaca. Services yang Anda bisa berikan dalam usaha ini adalah proofreading, menulis artikel, editing, atau servis yang lainnya yang berhubungan dengan menulis atau membaca.Anda bisa mempunyai banyak klien yang ingin menggunakan layanan Anda, seperti pemilik usaha kecil atau besar, penulis, sampai siswa atau mahasiswa yang membutuhkan jasa Anda untuk menyelesaikan tugas mereka. Anda pun bisa memberikan harga jasa Anda sesuai dengan tingkat kesulitan, jumlah kata/halaman, sampai menyesuaikan harganya dengan kualitas tulisan Anda.





Video foto editing

Kalau untuk usaha yang satu ini, pasti sangat cocok bagi Anda yang sangat menyukai dunia perfilman atau hobi mengedit video. Banyak kalangan yang mungkin membutuhkan jasa video editor atau video maker yang handal, seperti perusahaan kecil dan besar, Youtuber, social media influencers, ataupun kalangan lain yang kurang mahir dalam membuat atau mengedit video. Jika Anda mahir dalam hal ini, kenapa tidak dijadikan bisnis kecil yang Anda jalankan? Yang Anda perlukan hanyalah gadget Anda dan aplikasi/software untuk mengedit video. Jika Anda masih kurang percaya diri dengan editing skill Anda, internet memiliki banyak tutorial yang mengajarkan cara mengedit video, ataupun ada online courses tentang videography atau video editing yang bisa Anda ambil untuk mempelajari skills yang dibutuhkan lebih dalam lagi.






Jastip

Sering melihat banyak orang menawarkan jastip (jasa titip) di media sosial? Atau teman Anda ada yang sedang berlibur ke luar negeri dan membuka Jastip untuk barang-barang yang tidak dijual di Indonesia?

Ya, jastip semakin menjamur sekarang ini. Bagi Anda yang hobi berbelanja dan jalan-jalan, kegiatan ini cukup mengasyikkan. Di sisi lain, Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis modal kecil Anda. Modal yang dibutuhkan juga relating kecil namun Anda bisa meraup keuntungan yang sangat banyak. Sistem pemasarannya pun cukup sederhana. Anda bisa menawarkannya melalui media sosial.




Business planner

Di jaman sekarang bisnis baru selalu bermunculan setiap harinya. Hal tersebut berdampak bagi para pebisnis pemula yang ingin memulai bisnisnya cukup kewalahan dalam merencanakan ide mereka sehingga cukup bisa bersaing dengan pebisnis-pebisnis lainnya

Namun, kalau Anda adalah tipe orang yang selalu mempunyai perencanaan yang kuat dan fresh idea mengenai bisnis yang berpotensi untuk dibangun, maka Anda bisa menjadikan itu sebagai produk bisnis kecil Anda. Hanya dengan menggunakan kemampuan serta pengetahuan Anda dalam bisnis perencanaan, Anda bisa menjual ide-ide cemerlang Anda kepada orang yang tertarik dengan ide bisnis Anda. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki 1001 ide bisnis, namun tidak memiliki waktu atau tenaga atau uang untuk membangunnya sendiri.






Blogger

Ide bisnis modal kecil untuk milenial yang terakhir ini cukup mudah dan benar-benar membutuhkan modal kecil, yakni menjadi seorang blogger atau vlogger. Bisnis yang satu ini sudah sering didengar oleh telinga para millennial. Tugas utama dari para blogger dan vlogger adalah untuk membuat konten yang menarik, baik itu dalam bentu video atau tulisan. Jenis dari konten yang ingin diangkat pun bervariasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Mengapa pekerjaan ini bisa dijadikan bisnis?
Jika blog pribadi Anda sudah mulai mendapatkan engagement yang menjanjikan, ini bisa menjadi tempat bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan-keuntungan tersebut bisa datang dari kerja sama dengan brand lain (partnership). Jika Anda ingin menjual produk Anda sendiri, Anda pun bisa mempromosikannya dalam blog Anda sendiri tanpa perlu mengeluarkan uang di tempat lain. Anda bisa memulainya dengan modal gadget dan ide-ide yang cemerlang

Itlah beberapa contoh yang bisa dikembangkan, kunci terpenting dalam membuka bisnis atau usaha adalah semangat dan pantang menyerah. Jangan takut memulai karena belum punya modal.