Hop
Dalam jaringan hitungan hop adalah jumlah total perangkat perantara seperti router, dimana data yang diberikan harus melewati antara sumber dan tujuan. Sepanjang jalur data setiap router membentuk lompatan, dengan data bergerak dari suatu sumber ke sumber lain. Hitungan hop dianggap sebagai pengukuran dasar jarak dalam jaringan.

Hitungan hop tidak membantu dalam mendapatkan jalur jaringan yang optimal, karena tidak mepertimbangkan kecepatan, kehandalan atau latensi yang terlibat dalam jaringan, makanya digunakanlah solusi routing protocol. TTL dulunya hop-count dan sekarang telah berubah menjadi TTL (Time Ti Live).

TTL
TTL adalah mekanisme yang membatasi umur data dalam computer/jaringan. TTL dapat di implementasikan sebagai counter atau time stop terpasang tertanam dalam data. Setelah hitungan/jangka waktu yang berlalu maka data akan dibuang.

TTL adalah nilai waktu termasuk dalam paket yang dikirim melalui TCP/IP , berbasis jaringan yang memberitahu penerima berapa lama waktu untuk terus ata menggunakan paket atau data yang dimasukkan sebelum waktunya habis dan membuang aket atau data tersebut.

TTL telah diubah namanya pada IP versi 6. Dalam hal ini disebut hop limit dan fungsinga sama dengan Ipv4.