“Pelanggan yang sangat tidak bahagia (atas layanan Anda) adalah sumber pembelajaran paling berharga dalam bisnis.”
Bill Gates bisa dibilang sebagai salah
satu pebisnis di dunia yang terlampau sukses. Berawal dari mengembangkan
perangkat lunak (software) yang berjalan di dalam sistem komputer bernama Microsoft, hingga kini perkembangan bisnisnya tetap berjalan.
Meskipun menghadapi berbagai macam
rintangan, namun Bill Gates selalu belajar dari pengalaman-pengalaman
pelanggannya. Dari kata-kata yang diungkapkan oleh Bill Gates tersebut
kita bisa belajar bahwa mendengarkan keinginan dan keluh kesan dari
pelanggan merupakan salah satu faktor penting dalam berbisnis.
Jika menemukan satu atau beberapa
pelanggan yang tidak senang dengan layanan yang diberikan, berarti harus
ada perubahan atau invaosi baru yang segera dilakukan. Sehingga proses
bisnis tetap bisa berjalan, dan bukan tidak mungkin akan mendapatkan
pelanggan baru.