Menjadi penulis freelance bisa dilakukan meski tanpa pengalaman. Profesi ini kian melambung popularitas nya di internet. Ada yang promosi secara independen di media sosial, atau sekedar informasi antar teman.

Jika Anda merasa punya skill menulis di atas rata-rata, Anda boleh melirik nya sebagai bisnis tambahan. Meski persaingan tinggi bakal Anda temui.

Bagaimana cara menjadi penulis lepas namun tanpa pengalaman? Inilah jawaban nya.

Cara Menjadi Penulis Lepas (Freelance)


1. Membangun koneksi dan relasi

Belajar autodidak itu bagus, tapi jika didukung oleh ahlinya tentu hasilnya akan lebih memuaskan. Mulailah mencari ilmu sebanyak mungkin. Meminta nasehat para penulis senior, akan memudahkan langkah Anda menjalani profesi ini.

Saat pertama kali terjun di bisnis ini pasti Anda akan bertanya :

dimana saya bisa mendapatkan klien?

berapa klien harus membayar jasa tulisan saya?

Jawaban nya bisa Anda dapatkan dengan bergabung di komunitas penulis freelance yang ada di internet.

Jika mahir membuat tulisan bahasa Inggris, Anda bisa mencoba mendaftar di situs penulis freelance seperti iWriter, Upwork, Elance dan Freelancer.

Untuk yang lokal silahkan gabung ke sribulancer.com – dari situs tersebut banyak kesempatan terbuka untuk menjadi seorang penulis lepas.


Sebagai langkah pemula, jangan terlalu mengejar profit tinggi dari tulisan Anda. Mulailah dengan tarif yang sesuai dengan level yang Anda miliki agar koneksi mudah didapat.

Saat relasi semakin luas, kredibilitas Anda sebagai penulis akan diperhitungkan. Dari situlah harga mulai bicara.

2. Membangun portofolio

Portofolio adalah sampel tulisan. Setiap klien yang butuh jasa Anda, sampel tulisan adalah yang pertama mereka minta. Ini wajar, karena mereka butuh bukti dan pengalaman. Kecuali jika klien tersebut adalah pelanggan tetap.

Bagi freelancer pemula, membangun portofolio adalah penting. Lakukan riset secara komprehensif tentang teknik menulis artikel, posting blog atau pun review produk.

Mintalah bantuan kepada penulis senior untuk membaca, menilai dan merevisi sampel tulisan Anda.

Lakukan yang terbaik. Ciptakan tulisan berkualitas tinggi, informatif dan menarik. Bebaskan konten dari kesalahan ejaan dan struktur tata bahasanya.

Jangan sampai tulisan kita dicap murahan atau di bawah standar penilaian calon klien potensial Anda.

Khusus penulis lepas pemula, saya ada sedikit tips untuk membangun portofolio yang bisa Anda coba :
  • Menjadi guest author di blog ternama
  • Jangan pasang tarif tinggi untuk job perdana (sebagai pengalaman)
  • Kirim artikel ke social bookmark, sebagai basic portofolio Anda
  • Mintalah testimoni dari klien untuk setiap pekerjaan menulis Anda

Semakin banyak sampel yang Anda miliki, semakin baik kesempatan Anda melamar pekerjaan yang relevan.

3. Menentukan rate card Anda

Hal paling sulit bagi seorang penulis freelance adalah menentukan rate card. Rate card adalah tarif jasa Anda untuk calon klien. Meski ada rumus khusus untuk menghitung nya, namun itu bukan patokan yang mutlak.

Menentukan rate card bisa menimbulkan masalah yang dilematis. Nilai yang rendah memberi kesan murahan, namun tarif yang tinggi akan membuat calon klien mundur teratur.

Agar hal ini tidak membawa masalah, sebagai penulis pemula Anda wajib berkonsultasi dengan freelancer lain. Cari tahu berapa tarif standar yang mereka tetapkan.

Karena berkaitan dengan angka, kadang freelancer enggan membuka tarif mereka ke sesama teman satu profesi. Alasan nya, ini terlalu sensitif.

Tapi Anda tak perlu risau. Seiring berjalan nya waktu, terlebih jika banyak klien yang sering memakai jasa Anda, nilai rate cardAnda akan naik dengan sendirinya.

Itulah saatnya memutuskan untuk mengatakan ‘tidak’ kepada klien yang menawarkan tarif di bawah standar gaji Anda.

4. Mulai pitching (presentasi) nyata

Sekarang saatnya memulai presentasi. Sebelumnya perlu Anda  ketahui, calon klien bisa berasal dari bidang ilmu yang berbeda-beda.

Terkadang klien memilih orang yang terbaik di bidangnya, bukan hanya ahli menulis semata. Klien ingin bekerja dengan orang yang pantas untuk direkomendasikan.

Anda harus mampu menempatkan diri. Buat presentasi yang bisa meyakinkan klien.

Jangan menyerah pada presentasi pertama. Mungkin butuh sepuluh atau dua puluh presentasi yang harus Anda kirim hingga berhasil meyakinkan klien.

untuk menangkap bola, Anda harus menjemputnya

Jangan hanya menunggu orderan. Cari dan kejar klien Anda. Perbaiki pitching, untuk mendatangkan klien dalam jangka panjang.

Profesi penulis freelance bukan untuk orang-orang yang tidak punya ketekunan dan motivasi diri.
Jika berpikir menjadi freelancer akan mendatangkan profit dengan cepat, bersiaplah untuk frustasi.
Jangan pernah berharap kesuksesan dengan hanya menjadi penulis ahli dalam semalam.
Nah, apakah Anda ingin menjadi seorang penulis artikel lepas? Selamat mencoba!

~Masteguh | oam