Berikut Langkah dan Cara Berjualan di Instagram Agar Laris
1. Buat Akun Khusus Jualan
Langkah
pertama untuk bisa Jualan di instagram tentunya Anda harus menyiapakan
akun khusus jualan. Artinya, jangan sampai menggunakan nama pribadi di
akun tersebut. Fungsinya agar akun yang dibuat lebih profesional dan
tidak tercampur dengan urusan pribadi Anda.
Untuk membuat akun
khusus jualan ini sebaiknya menggunakan nama akun yang mengandung “kata
kunci” yang biasa dicari oleh orang lain. Sebagai contoh, apabila Anda
menjual buku-buku bacaan untuk anak maka akun yang ditulis adalah
@jualbukuanak_bdg atau @jual_bukuanak_bandung.
Apabila
Anda menjual produk dalam jumlah banyak bisa dengan menuliskan akun
@grosir_bukuanak_bdg. Hal ini berlaku untuk produk lain yang memang
disesuaikan dengan barang jualan Anda.
Dengan menuliskan akun yang
mengandung kata kunci, maka kemungkinan besar akun Anda akan menjadi
akun yang mudah dicari dalam pencarian.
Jika bingung menentukan
kata kunci tersebut, bisa riset terlebih dahulu lewat google. Dengan
mengetikkan kata kunci “jual buku anak”. Nama-nama yang muncul saat
pencarian itulah yang bisa Anda gunakan sebagai akun jualan Anda.
2. Mencari followers yang banyak dan tertarget
Setelah
membuat akun, langkah selanjutnya aadalah mencari followers yang sesuai
dengan produk yang Anda jual. Misalkan, Anda menjual buku-buku bacaan.
Maka target followers Anda orang-orang yang minat terhadap buku
tersebut.
Untuk mencari orang yang minat terhadap produk Anda,
bisa dengan mencarinya di akun komunitas penulis, mahasiswa, komunitas
membaca, dan komunitas lainnya yang sekiranya memang minat terhadap
dunia literasi.
\
Bagi
Anda yang menjual makanan, bisa mencarinya di akun yang berhubungan
dengan dunia kuliner. Begitu pula untuk penjualan lain bisa disesuaikan
akun penjualan Anda.
Tujuannya membidik followers dari komunitas
tersebut agar Anda tidak buang-buang waktu dan tenaga terhadap followers
yang tidak menyukai akun Anda.
Bila ingin memfollow mereka pun memiliki sebuah stretegi sendiri agar pihak instagram tidak memblokir akun Anda.
Oleh
karena itu, dalam setiap jam Anda hanya bisa memfollow 40 orang saja.
Dan idelanya dalam sehari Anda bisa memfollow 200 orang yang dibagi
dalam lima waktu. Jika lebih pun tidak apa-apa, hanya saja Anda harus
konsisten untuk melakukannya.
Setelah
akun yang Anda inginkan tercapai, misalkan 100 ribu followers lebih
baik jika akun Anda diprivate. Hal ini untuk mengundang followers lain
semakin penasaran dengan produk yang Anda jual.
3. Upload Foto Produk Jualan dengan keterangan yang Lengkap dan Menarik
Langkah selanjutnya adalah dengan mengupload foto-foto produk jualan Anda. Foto yang diupload untuk awal berjumlah 30 photo.
Untuk
mengupload photo sebaiknya harus memperhatikan tentang kejelasan dari
gambar agar tidak menimbulan persepsi yang berbeda. Selain jelas produk
yang ditampilkan pun harus detail dan pencahayan dari photonya pun harus
diatur.
Selain gambar yang jelas, Anda harus bisa menampilkan caption tulisan yang memuat segala informasi tentang produk tersebut.
Oleh
karena itu, Anda bisa menggunakan kata-kata promosi yang menarik secara
singkat, padat, dan jelas. Selain kata-kata promosi sebagai cara promosi produk, tuliskan pula deskripsi dari produk tersebut, seperti :
Judul Buku:
Penerbit:
Penulis:
Jumlah Halaman:
Berat buku:
Harga:
Dan
informasi lainnya yang berkaitan dengan produk tersebut. Contoh
deskripsi di atas adalah untuk Anda yang memang menjual produk buku.
Jika Anda menjual produk lain, maka deskripsi yang ditulis bisa
disesuaikan.
Untuk mengupload foto ke akun instagram Anda
sebaiknya dilakukan pada jam-jam yang paling banyak membuka sosial
media. Yaitu di jam 08.00- 09.00, kemudian jam istirahat kerja
12.00-13.00, jam sebelum pulang kantor 16.00-17.00 dan jam menjelang
istirahat 20.00-21.00.
Mengupload photo di jam-jam tersebut bisa
meningkatkan penjualan dikarenakan banyaknya orang yang sedang bersantai
dan ingin menggunakan sosial media.
4. Gunakan Hashtag yang Sesuai
Seperti
yang diketahui bersama, instagram ini sangat populer dengan yang
namanya hashtag. Hashtag tersebut adalah kaat kunci yang memudahkan
seseorang untuk mencari atau terhubung dengan akun Anda.
Maka
ketika Anda sudah mengupload photo dan membuat deskripisnya jangan lupa
untuk memberikan hashtag yang sesuai. Penggunaan hashtag ini bisa
menggunakan aplikasi lain yang ada di play store yaitu aplikasi hashtag.
Cara
kerjanya dengan memasukkan produk jualan Anda. Misalnya “Buku Anak”
maka aplikasi tersebut akan memberikan referensi hashtag yang paling
banyak dicari dan ditulis oleh pengguna instagram.
Dalam
penggunaan hastag jangan lupa berikan pula hastag nama bran produk Anda.
Semakin sering Anda menuliskan, maka semakin lama nama brand Anda akan
semakin sering muncul di instagram.
5. Upload Testimoni dari Pelanggan Anda
Langkah
selanjutnya adalah mengupload testimoni dari pelanggan Anda. Hal ini
bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen kepada produk
jualan Anda.
Biasanya testimoni tersebut didapat dari komunikasi
Anda lewat SMS, BBM, Whats’app, Pesan Masuk di Instagram dan lain
sebagainya. Anda bisa melakukan screen shoot testimoni tersebut dan
menguploadnya di Instagram.
Namun, ketika Anda hendak
menguploadnya jangan lupa untuk menyamarkan nomro, nama ataupun
percakapan lain yang tidak seharusnya dipajang. Hal ini untuk menjaga
privasi dari konsumen Anda.
Selain mengupload testimoni, bisa pula
dengan memajang resi pengiriman atau ketika barang sudah dipacking dan
mau untuk dikirimkan.
Cara tersebut juga bisa mengundang
kepercayaan dari calon konsumen. Bisa jadi setelah itu banyak orang yang
ingin membeli produk Anda.
6. Menggunakan Akun Bisnis
Cara berikutnya untuk bisa berjualan laris di instagram bisa dengan menggunakan akun instagram bisnis.
Dengan menggunakan akun tersebut, calon pelanggan akan akan merasa
yakin dan percaya bahwa akun yang Anda kelola adalah akun profesional.
Keunggulan
menggunakan akun tersebut adalah setiap harinya bisa melihat
orang-orang yang mengunjungi akun Anda. Sehingga Anda bisa menganalisa
seberapa besar minat konsumen terhadap produk-produk yang Anda jual.
Biasanya
angka tersebut akan muncul di atas profil Anda. Bila followers Anda
sebanyak 5.000 dan yang melihat kunjungan ke akun Anda 500 orang atau 10
persen dari followers Anda, maka akun tersebut bisa disebut dengan kaun
yang bagus serta efektif.
Untuk membuat akun tersebut cukup
mudah, bisa langsung ke menu pengaturan kemudian scrool ke bawah dan
Anda akan menemukan “akun bisnis”. Setelah itu, tinggal mengikuti
instruksi yang disesuaikan dengan produk jualan Anda.
Untuk
menggunakan akun bisnis ini biasanya instagram akan menyuruh Anda untuk
membuat halaman atau fanpage di facebook. Maka dari itu, Anda harus
membuat terlebih dahulu dan mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang
diinstruksikan.
7. Lakukan Endorse dan Paid Promote
Maraknya
pengguna instagram dari mulai kalangan artis, pejabat, hingga tokoh
lokal menjadikan kesempatan emas bagi pelaku usaha bisnis untuk bekerja
sama dengan mereka.
Karena banyaknya followers mereka, membuka kesempatan bagi penjual untuk melakukan endorse ataupun paid promote.
Cara
tersebut merupakan salah satu langkah untuk bisa menambah followers
pada akun Anda. Selain itu juga bisa membuat akun Anda dilirik oleh
orang-orang sehingga mereka tertarik untuk membeli produk.
Untuk
meghubungi para selebgram atau akun yang memiliki jumlah followers banya
tersbeut tergolong mudah. Karena biasanya mereka akan memasang nomor
kontak di profil akun mereka.
Harga yang dikeluarkan biasanya
bergantung pada jumlah, jenis, dan banyaknya followers. Sehingga
siapapun bisa melakukan hal tersebut sesuai dengan budget yang
dimilikinya.
8. Lakukan Tag dan Share
Untuk
memperkenalkan akun Anda secara luas dan produk yang dijual menjadi
laris manis, bisa melakukan cara dengan tag dan share kepada konsumen
maupun calon konsumen Anda.
Sebaiknya orang yang ditag tersebut
sebanyak 3 sampai 5 orang agar tidak terganggu. Orang tersebut bisa
pelanggan Anda ataupun calon pelanggan Anda.
Bila Anda ingin
melakukan tag dan share ini berulang-ulang, maka bisa memilih orang lain
kembali untuk dijadikan “sasaran” dalam hal tersebut.
9. Giveaway atau Diskon untuk Follower
Jika Anda menggunakan instagram, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tawarkan diskon atau giveaway dari sebuh akun.
Giveaway atau diskon tersebut diberikan untuk followers Anda yang memang aktif mengikuti kuis atau sayembara yang Anda lakukan.
Cara
ini efektif karena biasanya syarat untuk mendapatkan hadiah atau diskon
tersebut adalah dengan mentag teman dari followers Anda.
secara tidak langsung cara tersebut membantu Anda dalam melakukan promosi kepada setiap orang.
untuk mengadakan giveaway atau diskon ini bisa diadakan saat hari-hari penting ataupun pada hari spesial lainnya.
10. Melakukan Teknik Soft Selling
Akun
Anda memang dikhususkan untuk berjualan. Tetapi cobalah seskali untuk
membangun kedekatan dengan konsumen. Caranya bisa dengan menggunakan
teknik soft selling. Yaitu mengupload photo yang berisikan quote ataupun
hal lainnya yang bisa berinteraksi dengan para followers.
Walaupun
terkesan tidak bejualan sebenarnya cara tersebut merupakan soft selling
yang bisa membangun kedekatan dengan konsumen Anda.
Selain itu
bisa pula menggunakan instastory yang memiliki fitur jejak pendapat
ataupun pertanyaan. Dari sanalah Anda bisa mengetahui seberapa besar
konsumen Anda mengunjungi akun tersebut.
Fakta Tentang Pengguna Instagram di Indonesia
Ada
sebuah fakta menarik tentang pengguna instagram di Indonesia. survey
ini dilansir dari beberapa website yang ada. Tentunya data ini bisa
dijadikan acuan untuk meningkatkan kembali akun penjualan Anda di
Instagram.
- Di Asia Indonesia berada pada urutan kedua sebagai penduduk yang paling banyak menggunakan sosial media tersebut. Sedangkan di dunia menduduki posisi ke 4.
- Dari tahun ke tahun, pengguna Instagram di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 2 kali lipat.
3. 89 % pengguna instagram di Indonesia berusia 18-34 tahun. Oleh karena itu, produk jualan Anda bisa menyesuaikan dengan umur pengguna tersebut. - 63 % pengguna instagram di Indonesia berjenis kelamin perempuan. Karenanya, produk jualan Anda bisa dikhsususkan untuk wanita.
- 45 % pengguna instagram di Indonesia adalah seorang pembeli aktif. Artinya mereka akan membeli barang-barang yang menarik hati merekea.
Penutup
Nah,
demikianlah infromasi mengenai tips agar laris jualan di Instagram.
Sosial media ini terbukti sedang naik daun dan digandrungi oleh anak
remaja, dewasa, maupun tua. Karena begitu potensial, banyak orang yang
beralih menggunakannya sebagai lahan mencari rezeki.
~Courtesy | oam
0 Comments
Post a Comment